Home · Tips & Trick

02.05.2013. 08:36

PDF PDF PDF

Process Satelite Clocking


Proses Lamanya Penguncian Satelit (Satellite Locking) Tergantung pada beberapa faktor, bisa cepat atau bisa lambat. Hal ini terjadi pada semua GPS.

Faktor - faktor yang mempengaruhi penguncian satelit :

  1. Cuaca, Cuaca cerah akan lebih cepat pengunciannya apabila dibanding dengan cuaca mendung, apalagi hujan deras dan awan sangat gelap. Tapi jangan khawatir, GPS ini masih bisa mengunci satelit dalam keadaan mendung, hanya tidak secepat cuaca cerah.
  2. Bangunan, Halangan Atap juga berpengaruh untuk penguncian satelit, apalagi atap dari beton bahkan mungkin tidak bisa mengunci satelit.
  3. Pepohonan, Pepohonan yang rindang juga menjadi faktor penyebab susahnya mengunci satelit, semakin rindang dan lebat pohon, akan susah satelit untuk mencari kita.
  4. Kecepatan Tinggi, Untuk penguncian satelit pada awal mula diperlukan kondisi yang steady / diam. Satelit akan susah mengunci apabila kita dalam kecepatan tinggi.
  5. Penempatan GPS, sebaiknya diletakkan langsung menghadap ke langit. GPS yang diletakkan di dekat Head Unit yang posisinya dibawah akan lebih susah menguncinya ketimbang peletakan pada kaca mobil.
  6. Posisi GPS, Semakin vertikal GPS menghadap langit, akan semakin cepat penguncian satelit.
  7. Kaca Film, Untuk mobil yang menggunakan kaca film anti radiasi dengan presentase yang cukup tinggi akan menjadikan penghalang penerimaan satelit ke unit GPS.
  8. Warming Mode, terdapat 3 pemanasan GPS : cold, warm, dan hot. dalam posisi Hot akan semakin cepat penguncian satelit, tetapi sedikit lebih boros baterai. Sebaiknya diposisikan pada tengah2 (Warm) atau kesukaan sendiri.
  9. Lock Mode, cara mematikan GPS juga menentukan cepat atau lambatnya penguncian satelit. Bila mematikan dengan mode sleep, akan mempercepat penguncian satelit ketimbang Mode Off, dimana pencarian satelit akan dimulai dari awal lagi


Tips Penggunaan GPS


  1. Usahakan penggunaan GPS di luar ruangan yang langsung menghadap langit, kalo di mobil tempat terbaik ada di kaca depan.
  2. Penguncian satelit usahakan steady, jangan dalam keadaan bergerak. Satelit akan sulit mengunci kalo kita bergerak
  3. Usahakan kunci satelit dahulu sebelum melakukan perjalanan. Bisa dilihat di masing-masing aplikasi GPS bagian Setting - GPS status, kalau sudah lock akan muncul koordinat altitude dan longitude -nya
  4. Pastikan Satelite Count terdeteksi dan Satelite Used lebih dari 3 Satelit, walaupun 3 Satelit yang terkunci sudah bisa dipakai, tapi lebih baik dan lebih akurat lebih dari 3 satelit.
  5. Setelah satelit terkunci di salah satu aplikasi gps, bila kita ganti ke aplikasi lain maka posisi satelit akan masih tetap locked sesuai posisi koordinat kita
  6. Jangan meletakkan Unit GPS di posisi yang 'merepotkan', taruh yang mudah di jangkau oleh tangan, dan tidak menghalangi pandangan mata ke jalan, dan mudah diliat ketika jalan (Sebaiknya di kaca mobil bagian bawah spion, pojok kanan bawah, atau pojok kanan atas).
  7. GPS ini bisa menjalankan multiple task, menyetel musik sambil menjalankan aplikasi GPS, tapi jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi karena akan memakan banyak resource memory sehingga jadi lambat.

Jangan lakukan :

  1. Jangan Meletakkan GPS dibagian bawah (eg. dekat Head Unit), GPS akan kesulitan mencari sinyal akibatnya baterai menjadi boros, disamping itu juga membahayakan keselamatan di jalan.
  2. Jangan mengatur GPS dalam keadaan kendaraan berjalan, karena akan sangat membahayakan keselamatan. (kecuali Anda sudah profesional)
  3. Jangan meletakkan Unit Gadget Anda di tempat yang panas, jika parkir di tempat panas, lepas dan taruh di tempat yang dingin. (atau bisa juga dikantongin)
Read more...
 

KEUNTUNGAN ANDA

PRODUK KAMI

Cara Kerja

Mobile Tracking System

navigo.pusatgps.com

Support Center

Customer Service kami siap melayani anda dan menjawab setiap pertanyaan Anda

HP: 081-805-692-695
Pin BB : 22d147cf
Email: [email protected]
Website: www.pusatgps.com